Minggu, 08 Mei 2016

Review Buku

Judul Buku                  : Kuliah Aqidah Islam
Penulis                         : Drs. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.A.
Penulis Cover             : Buldanul Khuri
Penerbit                       : Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI)
Cetakan                       : April 2013
Jumlah Halaman          : 198 Halaman
*       
Drs. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.A. lahir di Bukittinggi pada 22 September 1956. Gelar sarjana muda dan sarjana lengkap diperoleh dari Fakultas tarbiyahIAIN Imam Bonjol Padang pada tahun 1978 dan 1984. Tahun 1983 beliau mendapat gelar Lc. dari Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Imam Muhammad Ibnu Su’ud Riyadh, Saudi Arabia dan gelar M.Ag. diperoleh dari Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 1996 dan 2004.
Buku ini disusun pertama untuk bahan kuliah Al-Islam bidang Akhlaq bagi para mahasiswa dilingkungan UMY dan kedua untuk mahasiswa perguruan tinggi manapun yang ingin memahami pokok-pokok Aqidah islam lengkap dengan dalil-dalil dari al-Quran dan Sunnah.
Pembahasan Aqidah islam dalam buku ini disajikan secara sederhana, artinya tidak terlalu ringkas dan tidak juga terlalu luas. Ayat-ayat al-Quran sengaja ditulis lengkap dengan nashnya, untuk memberikan kesempatan yang banyak kepada pembaca mendapatkan pahala membaca al-Quran sebagaimana yang dijanjikan oleh Rasulullah SAW dan juga untuk membuat kita semakin akrab dengan ayat-ayat suci al-Quran dan untuk memudahkan pembaca merujuk langsung kepada Mushaf dan kitab-kitab Tafsir.
Masalah Aqidah Islam yang telah penulis bahas dalam buku ini hanyalah pokok-pokoknya saja, yaitu tentang Allah SWT, Malaikat, Kitab-kitab Allah, Nabi dan Rasul, Hari Akhir, dan Taqdir. Keenam pokok-pokok aqidah itu wajib dipahami dan diyakini oleh setiap muslim seperti apa yang telah dijelaskan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.
Buku kuliah Aqidah Islam ini dicetak lebih dari dua kali dan semakin baru cetakannya menurut saya lebih baik dari pada cetakan yang sebelum-sebelumnya. Namun buku ini sama halnya dengan buku Kuliah Akhlaq yang kurang jelas pada pencetakan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits Nabi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar